Kategori Artikel dan Berita Kami, Silahkan Dibaca

Say NO tobe Corruptor!!! Get the Corruptor in the Jail!!!

Minggu, 25 September 2011

Kemarau Panjang, Berkah Bagi Petani Garam Dan Tembakau Madura

Republik Madura - Bagi sebagian pihak musim kemarau berkepanjangan seperti saat ini mendatangkan masalah karena sulitnya air bersih. Namun tidak demikian bagi para petani garam dan tembakau di Madura. Mereka justru diuntungkan karena selain jumlah produksi melimpah juga meningkat kualitas produksi.


Berkah tersebut disyukuri oleh para petani garam di Kabupaten Sampang yang menjadi salah satu sentra produksi garam rakyat di Madura selain Kabupaten Pamekasan dan Sumenep. Akibat cuaca panas yang tidak disertai hujan sedikitpun selama memasuki musim kemarau tahun ini, proses produksi garam berjalan maksimal karena tidak terganggu curah hujan sama sekali.

Hal ini meningkatkan jumlah produksi garam bahkan para petani garam pun mengaku bahwa kwalitas garam mereka sangat bagus karena makin mengkristal dan putih.
Tak hanya petani garam, para petani tembakau Madura pun turut merasakan berkah kemarau panjang. Fandi, salahs seorang petani tembakau di Sampang menuturkan, cuaca yang panas merupakan cuaca yang bagus bagi tanaman tembakau mereka. Selain hasil produksi yang meningkat, kualitas daun tembakau turut berkualitas tinggi serta menambah cita rasa dan aroma hasil rajangan daun tembakau.

“Benar mas, berkat cuaca panas selama musim kemarau, kualitas produksi kami memang naik. Alhamdulillah tidak hujan sama sekali tahun ini”, ujar Fandi sambil tersenyum senang saat ditemui di lokasi perajangan daun tembakaunya.

Hal ini tentunya turut mengharumkan pula isi kantong para petani karena harga tembakau yang juga ikut melambung tinggi, yakni berkisar antara 30 hingga 40 ribu per kilonya. Harga tembakau yang juga disebut daun emas di Madura ini merupakan harga tertinggi dalam sepuluh tahun terakhir.
“Untuk harga juga naik jauh lebih tinggi dari pada tahun-tahun sebelumnya, yakni antara 30 hingga 40 ribu per satu kilo nya”, tambah Fandi.

Selain berpengaruh positif pada proses tanam, cuaca panas kemarau tahun ini juga berpengaruh yang sama pada proses pengeringan daun tembakau setelah dirajang sebelumnya oleh para petani. Mereka pun berharap tingginya harga tembakau saat ini bisa meningkatkan taraf hidup para petani, sebagaimana sebutan daun tembakau sebagai daun emas dari Madura. (Mad Topek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Come to Madura Island and Watch Our BullRace Event!

Come to Madura Island and Watch Our BullRace Event!