Kategori Artikel dan Berita Kami, Silahkan Dibaca

Say NO tobe Corruptor!!! Get the Corruptor in the Jail!!!

Sabtu, 19 Maret 2011

Hati-Hati, Jalur Akses Jembatan Suramadu Rawan

Rawan Laka Dan Kriminal
RepublikMadura - Jalan akses Jembatan Suramadu di sisi Madura ternyata rawan kecelakaan lalu lintas. Hal tersebut dinyatakan oleh Kasat Lantas Polres Bangkalan, AKP Samsul Mu’arif. Menurut nya, laka lantas di jalan sepanjang hampir 12 kilo meter tersebut tidak semata-mata disebakan human error atau kelalaian pengemudi. Namun juga kondisi jalan yang mengharuskan para pengemudi baik roda dua maupun roda empat agar ekstra hati-hati.
Salah satu nya karena minim nya rambu-rambu lalu lintas sepanjang jalan. Belum lagi kurang nya lampu penerangan jalan saat malam hari yang hanya terdapat di tiga titik saja, yakni di sekitar pintu tol Suramadu, perempatan lampu merah Petapan – Tragah dan pertigaan Tangkel – Burneh. Sementara sebagian besar jalur, nyaris tanpa penerangan sama-sekali.

Belum lagi, di sepanjang jalan yang merupakan jalur cepat tersebut, seringkali warga setempat yang bisa menyeberang tiba-tiba. Bahkan, sapi para petani yang biasa nya menggarap lahan pertanian di sepanjang jalan juga bisa menyebakan kecelakaan lalu lintas.

Kondisi jalan di Jalur akses Suramadu ini sebenarnya relatif sangat bagus. Namun jalan yang mulus tersebut sering membuat terlena pengendara karena jalur nya yang lurus dan tanpa tikungan. Satu-satu nya tikungan hanya ada di pintu masuk jalur akses, yakni di pertigaan lampu merah Tangkel – Burneh. Ironis nya, satu tikungan ini pun terkadang menjadi lokasi kecelakaan karena merupakan tikungan yang sangat tajam.

Untuk mengurangi tingkat kerawanan kecelakaan, pihak Satlantas Polres Bangkalan berusaha mengoptimalkan empat pos polisi di sepanjang jalan akses Suramadu yang siaga 24 jam. Pos polisi ini juga bertujuan untuk mencegah terjadi nya tindak kejahatan yang juga kerap terjadi, yakni berupa perampasan kendaraan bermotor.

Selain himbauan agar mentaati rambu lalu lintas yang ada, AKP Samsul Mu’arif juga meminta para pengendara agar selalu berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan nya. Jikalau capek atau mengantuk, sebaik nya beristirahat terlebih dahulu di rest area Suramadu yang telah disediakan tidak jauh dari pintu tol Jembatan Suramadu. Sementara jika terjadi kecelakaan dan menjadi korban tindak kriminalitas, agar segera melapor ke empat pos polisi terdekat yang memang disiagakan 24 jam.
(Taufik Syahrawi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Come to Madura Island and Watch Our BullRace Event!

Come to Madura Island and Watch Our BullRace Event!