Kategori Artikel dan Berita Kami, Silahkan Dibaca

Say NO tobe Corruptor!!! Get the Corruptor in the Jail!!!

Jumat, 22 April 2011

Perkebunan Tebu di Madura, Bisakah?

RepublikMadura - Sejak era kolonial Belanda hingga saat ini, belum ada cerita nya Madura menjadi lahan perkebunan tebu. Produk bernilai ekonomis yang terkenal dari Madura, baru sebatas tembakau maupun ladang garam yang memang sudah ada sejak era kolonial dulu.


Namun seiring dengan beroperasinya Jembatan Suramadu, tampaknya mulai menarik investor masuk ke Madura. Salah satunya, PTPN X Surabaya, yang kini mulai mengembangkan penananaman tebu di daerah Madura tepat nya di kabupaten Bangkalan.

“Setelah dilakukan penelitian untuk pengembangan, prospek tanaman tebu di Bangkalan sangat bangus. Sehingga kami tertarik untuk mengembangkan tanaman tebu ini di Madura khususnya Bangkalan,” terang Subiyono Edy Santoso, Dirut PTPN X Surabaya, seusai menandatangani nota kesepahaman antara Pemkab Bangkalan dengan PTPN X untuk penanaman dan pengembangan usaha tani tebu, Rabu (20/4/11).

Subiyono menjelaskan, dari hasil penelitian yang dilakukan di Madura cukup bagus kwalitas tanahnya untuk di jadikan lahan perkebunan tebu. Sehingga nantinya bila tanaman tebu di Madura sudah produksi bisa mensuplai kekurangan gula nasional.

“Dimana saat ini produksi gula nasional 2,6 juta ton/tahun. Sedang konsumsi gula nasional mencapai 3 juta ton/tahun. Berarti ada kekurangan antara 400 ribu – 500 ribu ton gula. Sehingga kami berharap bila di Madura penanaman tebu melimpah, akan menambah pasokan gula nasional,” ungkapnya. (Um/ Fik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Come to Madura Island and Watch Our BullRace Event!

Come to Madura Island and Watch Our BullRace Event!