Kategori Artikel dan Berita Kami, Silahkan Dibaca

Say NO tobe Corruptor!!! Get the Corruptor in the Jail!!!

Minggu, 17 April 2011

Sate Gurami, Menu Sate Berbumbu Sate Madura Yang Gurih dan Lezat!

RepublikMadura - Salah satu makanan khas dari Madura yang begitu dikenal adalah kuliner atau makanan berupa sate. Namun seiring perkembangan jaman serta ada nya Jembatan Suramadu, para pemilik restaurant ataupun rumah makan kni makin kreatif menciptakan menu baru berbumbu sate Madura untuk menarik minat wisatawan mampir ke lokasi kuliner mereka. Salah satu nya yang kini cukup diminati adalah sate gurami.

Seperti namanya, sate gurami memang berbahan utama ikan gurami. Dilihat dari cara bikin nya pun cukup sederhana. Ikan gurami segar terlebih dahulu dibersihkan terutama sisik yang ada pada lapisan kulit luar. Setelah cukup bersih, daging gurami tersebut dipisahkan dari tulang nya kemudian diiris kecil-kecil seperti halnya mengiris daging  untuk membuat sate pada umumnya. Selanjutnya, daging gurami ini dicampur dengan racikan atau adonan bumbu terlebih dahulu sebelum akhirnya dipanggang diatas bara.

Setiap satu ekor ikan gurami besar, rata-rata menghasilkan 15 tusuk sate gurami. Yang perlu diperhatikan, daging sate gurami yang telah ditata pada tusukan sate tersebut, cukup dipanggang sebentar saja hingga dirasa cukup matang dan tidak boleh gosong.

Sebagaimana bumbu sate pada umumnya, sate gurami juga memakai bumbu kacang serta kecap. Setelah matang, sate gurami pun siap disajikan, baik dengan memakai nasi maupun lontong, sate gurami sama cocoknya disantap.

Gunawan, pemilik tempat kuliner RM Tera' Bulen yang menyajikan sate gurami tersebut mengatakan, rahasia kelezatan sate gurami terletak pada adonan bumbu yang dicampurkan dengan daging sate gurami saat hendak dipanggang.

Mau tahu harga per porsi nya? Hanya 20 ribu rupiah saja yang terdiri atas 10 tusuk sate gurami. Meski lebih mahal dari harga sate jenis lain, arasanya cukup sebanding dengan rasa gurih dan kelezatan kuliner satu ini. Hal tersebut diungkapkan Voniwati, salah seorang pelanggan tetap sate gurami. Wanita paruh baya ini biasa menyantap sate gurami beserta keluarganya yang memang sama-sama menyukai sate gurami. Menurut Vonny, sate gurami memang berbeda dengan sate pada umumnya. Selain daging lebih empuk karena dari daging ikan gurami, kenikmatan sate gurami terletak pada lezatnya rasa bumbu sate gurami yang sangat melekat pada daging satenya.

Jika anda berkesempatan datang ke Madura via Jembatan Suramadu, alangkah baiknya sejenak melepas lelah sambil menikmati sate gurami Madura ini di RM Tera' Bulen di jalan Raya Burneh, sekitar 20 menit dari Jembatan Suramadu. (Taufik Syahrawi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Come to Madura Island and Watch Our BullRace Event!

Come to Madura Island and Watch Our BullRace Event!