Kategori Artikel dan Berita Kami, Silahkan Dibaca

Say NO tobe Corruptor!!! Get the Corruptor in the Jail!!!

Selasa, 08 November 2011

12 Siswa Madura Raih Perunggu Dalam Kompetisi Matematika Internasional. Well Done Job, Cong!

Republik Madura - Bangga bener rasanya jadi orang Madura. Yap, begitu mendengar kabar bahwa para siswa Madura kembali berprestasi di tingkat Internasional, hati ku sumringah! Ini untuk kesekian kalinya para siswa Madura mengukir prestasi akademik. Bukan sekedar tingkat regional propinsi Jawa Timur atau hanya level nasional, tapi lebih dari itu, tingkat dunia!

Sebagaimana dilansir oleh OKEZONE.COM, sebanyak 12 siswa asal Madura, Jawa Timur memperoleh medali perunggu dalam event World Mathematics Team Championship (WMTC) 2011 yang digelar 2-6 November di Beijing, China.

Kedubelas siswa tersebut, yakni Misbahul Anwar dan Khairul Umam (MA Darul Ulum Banyuanyar, Pamekasan), Ahmad Hudah, Ahmad Zainuddin, Ega Bandawa Winata (MTs Unggulan Bustanul Ulum, Waru Pamekasan), Zaky Firmawan el Hakim dan Ahmad Syauqi (MTSN Sumber Bungur, Pamekasan), Wildi Fachrizal (SMP 5 Pamekasan), Khansa al Faizy (SMP 1 Pamekasan), Muhammad Taufiq Hakiki dan Rafika Nurmasari (RSBI SMAN 1 Sumenep) dan Prima Sultan Hudiyanto (SDBI Lawangan Daya, Pamekasan).

Mereka bersaing dengan ratusan peserta asal China, Amerika Serikat, Korea Selatan, Filipina, Malaysia, dan Singapura. Untuk medali emas didominasi peserta asal China, sementara medali perak didominasi Amerika Serikat dan Filipina.
Para Peserta Kompetisi Matematika Internasional Berpose Bersama

Dari Indonesia terdapat dua tim, yakni Surya Institut pimpinan Yohanes Surya dan Erik Institut pimpinan Ah Faisal. Dua belas siswa asal Madura tersebut diberangkatkan oleh Erik Institut dan ikut level yunior dan senior. Selain mendapat penghargaan kategori individu, tim dari Erik Institut mendapat Merit Award Team.

Kontingen asal Madura sudah tiba di Indonesia pada Senin (7/11/2011) malam. Mereka disambut Forum Keluarga Madura Perantauan (FKMP) dan pihak madrasah di Bandara Soekarno Hatta.

Selanjutnya, mereka diterima Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar dan Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa (8/11/2011) siang.

Rencananya, hari ini kontingen asal Madura akan diterima Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur di Surabaya. Selanjutnya, kontingen akan diterima Bupati Pamekasan Kholilurrohman dan Bupati Sumenep Abuya Busro Karim.
Ah Faisal (29), pembimbing dari Erik Institut mengatakan, prestasi tingkat internasional itu dapat diraih berkat upaya keras dari peserta.

Menurut dia, sebelum berangkat ke Beijing pihaknya menggembleng para peserta beberapa bulan. “Siang malam kami belajar. Latihannya memang berat karena jam tidur anak-anak berkurang, tapi mereka mau berusaha keras dan hasilnya cukup memuaskan,” ujar pria yang akrab disapa Erik ini.
Madura, Pulau Kami Kebanggaan Kami!

Dia mengungkapkan, prestasi yang diukir tahun ini cukup istimewa karena peserta mayoritas berasal dari madrasah. Dengan demikian, lanjut dia, sudah ada pemerataan kualitas pendidikan bagi siswa sekolah umum dengan madrasah. “Saya berharap prestasi ini tetap bertahan,” ujar Erik.

Sementara itu, Kepala MA Darul Ulum Dr. Zainuddin Syarif, M.Ag sangat bersyukur anak didiknya bisa berprestasi di tingkat internasional. Hal ini membuktikan kalau produk pesantren dan madrasah bisa bersaing. “Ini membuktikan kalau siswa madrasah dan santri bisa bersaing dalam bidang sains bukan hanya bidang agama,” ujar Zainuddin.

Dosen STAIN Pamekasan ini berharap Kementerian Agama terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan madrasah. Untuk itulah, dia berharap sarana dan prasarana untuk peningkatan mutu pendidikan pesantren dan madrasah terus ditingkatkan. “Tentunya kami berusaha untuk mempertahankan prestasi ini. Dan yang terpenting adalah support dari pemerintah, terutama pemenuhan sarana untuk peningkatan mutu pendidikan madrasah dan pesantren,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua FKMP M Suli Handoko mengatakan, prestasi yang diraih 12 siswa tersebut menunjukkan adanya peningkatan kualitas pendidikan di Madura. Prestasi ini juga sekaligus mengangkat citra orang Madura. “Stigma kalau pendidikan di Madura terbelakang hilang dengan sendirinya. Justru kami melihat ada keunggulan, karena justru siswa asal madrasah yang berprestasi,” ujar Suli.

Pria yang berdomisili di Jakarta Utara ini pun meminta pemerintah terus meningkatkan kualitas pendidikan di Madura, khususnya pesantren dan madrasah. Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali sangat mengapresiasi prestasi tersebut. Pihaknya bertekad untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia.

Seperti yang saya bilang diawal, ini prestasi yang kesekian kalinya yang berhasil diraih Kacong - Cebbing (Putra-Putri, Madura red) di ajang bergengsi dunia. Sebelumnya, sudah berkali-kali siswa-siswi Madura meraih prestasi serupa, baik ditingkat nasional maupun Internasional. Bahkan beberapa diantaranya menyabet medali emas di level dunia (Selengkapnya baca disini, kawan: Juara Olimpiade Sains Nasional Itu Berasal Dari Gubuk Sederhana di Madura!). Ini artinya, bakat kecerdasan sangat tidak kalah dengan siswa-siswi dari daerah lain.

Madura selama ini diidentikkan sebagai kawasan kering, miskin atau tertinggal. Pokoknya negatif tok! Dan prestasi dunia Kacong-Cebbing diatas menepis semua anggapan apriori tentang Madura tersebut. Sekali lagi, selamat ya.... Teruslah berprestasi. Harumkan nama Madura dan Indonesia di kancah dunia! (Mad Topek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Come to Madura Island and Watch Our BullRace Event!

Come to Madura Island and Watch Our BullRace Event!