Kategori Artikel dan Berita Kami, Silahkan Dibaca

Say NO tobe Corruptor!!! Get the Corruptor in the Jail!!!

Rabu, 04 Mei 2011

Osama bin Laden, Sang Geronimo Abad 21

KODE operasi serangan terhadap Osama bin Laden diberi nama Geronimo. Mengapa nama itu tokoh terkenal dari ranah Amerika itu digunakan?

Geronimo merupaan pejuang Apache yang merupakan penduduk asli Amerika atau yang biasa dikenal dengan Indian. Pejuang tanpa takut inilah yang membawa pasukan Apache untuk melawan bangsa Amerika berkulit putih.
Ketika Osama terbunuh dalam penyergapan yang dilakukan oleh pasukan khusus Amerika Serikat, pasukan melaporkan langsung kepada Presiden Barack Obama dengan kode "Geronimo EKIA" - Enemy Killed In Action (Musuh terbunuh dalam aksi).

Tapi pemerintah AS masih belum mengkonfirmasi mengapa nama Geronimo digunakan, demikian lansir BBC, Rabu (4/5/2011).
Osama bin Laden digambarkan sebagai "Geronimo abad 21 yang mencoba menghindar dari pasukan AS ke wilayah pegunungan." Hal itu juga dilakukan oleh Geronimo pada abad ke 19 saat dia lari dari kejaran tentara AS.

Geronimo lahir pada 1829 di kota yang sekarang di sebut New Mexico. Sebagai salah seorang petinggi Apache, dia mewarisi perjuangan untuk menentang kolonialisme baik dari Spanyol maupun Amerika Utara.

Pejabat militer kala itu mencap Geronimo sebagai pemberontak, dia pun sangat lihai dalam bersembunyi dan lari dari kejaran para tentara. Bahkan dia berhasil lolos ketika lima ribu prajurit AS mengejarnya ke wilayah pegunungan.

Perjuangannya untuk menentang kulit putih telah mengundang simpati dan rasa hormat bagi para ahli sejarah.

Geronimo berhasil ditangkap oleh pasukan AS pada tahun 1886, dan menjadi terkenal pada saat itu. Di usia tuanya pun dia menyesal telah menyerah kepada AS karena usianya yang sudah mulai senja. Ia meninggal dunia pada tahun 1909 karena terjatuh dari kuda.



source: http://international.okezone.com/osama-bin-laden-geronimo-abad-21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Come to Madura Island and Watch Our BullRace Event!

Come to Madura Island and Watch Our BullRace Event!